Pages

Monday, January 30, 2017

Time's fly

Jan, 30th 2017

Wow. Itu yang saya langsung ucapkan kalo keinget tentang blog. Yes. "Wow". Kenapa? Ya karena luar biasa lama banget saya belum tulis apa-apa selama ini. Hampir 2th lho saya gak nulis blog -____-

Satu dan lain hal. Banyak yang perlu saya lalui, sesali, resapi, ambil hikmahnya, bangkit lagi, semangat lagi, dan gitu aja terus. Intinya hidup saya 2 tahun kebelakang ini ups and down. Happy sad delightful angry and many other feeling things I felt. Baby blues juga :'))) 

Kenapa sekarang mulai mencoba menulis lagi? Kalo kata salah satu temen, "Nulis bisa jadi healing". Saya juga udah lama banget gak bikin kalimat-kalimat panjang lewat keypad/keyboard kecuali kemaren jumat malem saya klik "send" PR (NHW#1) saya di salah satu platfrom socmed (next time akan saya bahas. Semoga bisa. InsyaAllah). Jadi, tahun ini saya pengen lebih sedikit berkomitmen untuk lebih sering nulis-nulis kalimat lewat blog. Healing. Yes. dan siapa tau juga pengalaman2 gak penting saya bisa untuk semangat yang lain. 

Kapan waktunya untuk nulis? Ya kalo anak saya yang masuk2 usia toddler ini bisa bobok lama, or memang gak ada kerjaan rumah yang bikin saya kelimpungan. Jadi saya berdoa skali biar ada banyak waktu luang untuk nulis. Karena itu berarti saya rada selooo :)))

What's on my life? 
I have a baby! yayy... Lebih tepatnya 1th 3bulan beberapa waktu yang lalu saya melahirkan anak laki-laki yang alhamdulillah sehat, lucu, dan menggemaskan. Usia toddler ini? alhamdulillah anaknya aktif sekali, sangat lucu, menggemaskan, pinter, dan insyaAllah juga sholeh. The funny things about having baby is PARENT learn a lot. Ada yang bilang, disaat bayi kita lahir itu adalah saat yang sama dimana ibu dan ayah juga sama-sama lahir menjadi orangtua. Walopun sebenernya waktu kita tau kalo hamil, sebenernya belajar untuk jadi orangtua sudah dimulai. 

Saya cukup beruntung jadi ibu dari anak saya. Kenapa? Karena semenjak punya anak, saya dan suami diwajibkan untuk jadi pribadi, pasangan dan orangtua yang lebih baik dari sebelumnya setiap hari. Terutama masa2 anak mulai meniru segala sesuatu. Tadinya saya juga belum begitu paham kalo anak sudah pintar meniru (kecuali untuk hal-hal mendasar semacam makan). Sadarnya sewaktu mau mandiin anak, tiba-tiba Arsyad (nama anak saya) insist untuk ambil baju-baju yang sudah ditanggalkan dan dibawa ke ember pakaian kotor kususnya. Sejak itu saya takjub dan akhirnya mulai menerapkan disiplin terutama hal-hal mendasar untuk life survival ala toddler. Alhamdulillah karena dibiasakan setiap saat, arsyad pun jadi melakukan tanpa perintah (tapi y kadang orangtuanya minta tolong juga biar dilakuin. Namanya juga anak-anak. Orang dewasa aja kadang kudu diingetin dulu biar gak lupa walopun sebenernya itu hal-hal sepele kebiasaan sehari-hari). Cerita yang lain tentang hidup bersama anak akan saya ceritakan kapan-kapan lagi. InsyaAllah :)

Cerita yang lain?
Singkat cerita, berat hati, dengan segala keterbatasan kemampuan saya dan penyesalan yang bisa jadi ini penyesalan terbesar dalam hidup, saya melepaskan pendidikan s2 saya. Sedih? banget. Kecewa? Gak bisa digambarin kecewanya gimana. Nyesel? banget banget banget. Ah. pokoknya ini biggest regret ever. Semua pihak menyayangkan. semua. se.mu.a. Saya merasa bersalah terutama pd kedua orangtua saya yang udah susah2 nyekolahin anaknya :((((( Huft. Saya juga merasa bersalah ke suami yang udah selalu ngingetin buat kerjain tesis.

Singkatnya, disaat akhirnya saya semangat 45 ngerjain dan seminggu sekali rajin ketemu dosen, tiba2 ternyata saya hamil. Pantes kok seminggu dua minggu itu badan rasanya kurang fit. Singkat cerita selama proses kehamilan, kehamilan saya termasuk yang rada manja. Badan saya yang gampang jadi lemah dan sempat masuk rumah sakit 2x. Stress melanda. Padahal saya punya keyakinan happy baby happy mom. Happy baby inside tummy juga pasti bikin anak jadi cerdas sehat ceria. Saya malah jadi worried sendiri kala itu. Stress2 sendiri. dan saya dengan berat hati menyerah begitu saja dengan gampangnya. Ah! padahal bumil2 yang lain sanggup banget pada ngerjain tesis saat hamil. Tapi saya enggak sanggup :((( Gitulah. Sekarang sih, whatever people say, saya udah gak peduli (walopun gak pedulinya bo'ong banget). Sampe sekarang masih nyesel pake banget nget nget...

Pelipur laranya, saya udah bilang ke suami pengen tetep bisa sekolah s2. Tapi dibidang lain. Suami setuju-setuju aja. Malah dukung banget. Terus liat harga. Lalu saya jadi jiper. Mahal ya sekolah MM. hahahaha.... Suami sih bilangnya, uang bisa dicari, yang penting konsisten ngerjainnya. Harus sampe tuntas. Nah itu. Padahal anak lagi aktif banget. Jadi, sembari menjalani kehidupan, semoga Allah semakin dekatkan dan lancarkan niat saya buat kembali sekolah. Demi otak yang harus selalu di upgrade :)

Cerita selanjutnya.
Mengisi kekosongan disaat bayi tidur, ibu malas bersih-bersih rumah, dan kemampuan saya harus selalu di-upgrade. Alhamdulillah kesibukan seharihari selain jadi IRT ya bisnis online dan ikut beberapa pelatihan/kelas mentoring secara online. Kenapa bisnis online? iya. Saya dan suami punya cita-cita bisa segera punya rumah tanpa bantuan KPR. Pelan-pelan gakpapa deh. Pengen beli tanahnya dulu lalu pelanpelan dibangun. Pengen sih liat temen-temen yang sekarang udah pada punya rumah sendiri, bisa hias-hias rumah dst. Tapi ya kalo kemampuan masih segini-segini aja (dan memang alhamdulillah dapet suami yang selalu ber-prinsip menghindari hutang di bank) jadi ya apa adanya dulu ajalah. Semoga ikhtiar menambah penghasilan dari Online bisa membawa berkah yang banyak manfaat buat semuanya. Alhamdulillah dari online sudah bisa beli laptop buat saya wkwkwkwk

Pelatihan/kelas mentoring? Lagi-lagi. Saya itu sebenernya tipe gak bisa diem. Semacam di kepala ini banyak sekali pertanyaan-pertanyaan dan penasaran ini itu. Merasa juga kalo sebenernya ilmu saya itu cetek banget gak ada apa-apanya dibanding yang lain. Temen saya juga itu-itu aja yang sekarang luarbiasa susah banget kalo mau silaturahmi ketemu. Sedih. Jadi, daripada saya cuma sedih-sedih aja gak ada hasil tapi malah bikin suami tambah stress ngadepin istrinya yang hobi ngomel2, jadi ya saya mulai serius untuk upgrade diri sendiri. Ikut beberapa kelas bisnis (iya. ini sekarang seriusan banget njalaninnya), dan ikut kelas mentoring tentang parenting. Entah sih sebenerny lebih ke-parenting atau apa. Baru dapet 1 kelas. Masih ada 8kelas lagi yang wajib ikut dan dikerjain PRnya. Ini online semua ya. Kalo yang offline jujur saya belum sanggup. Anak juga alhamdulillah masih asi. Jadi ya masih menjaga komitmen dulu untuk gak jauh-jauh dari anak sampe beneran udah bisa disapih. Kan bisa pumping?? Iya bisa sih. Cuma pompa2annya udah masuk kardus. Udah disimpen. Dulu beli juga untuk pancing asi aja biar segera produksi banyak. Sekarang kalo mau mompa asi malah yang ada stress karena pasti hasilnya dikit. Ya karena udah gak pernah dipompa, jadi pasti kalo dipompa hasilnya rekayasa :))) Saya masih percaya kalo asi saya insyaAllah masih ada dan akan cukup untuk anak saya sampe 2th kelak. Buktinya, beberapa minggu ini, tiap nenenin subuh2, sisi yang satunya pasti ngrembes kalo pas LDR. Jadi, alhamdulillah :)

Oke. Nulisnya sampe sini dulu. Anak saya udah bersuara tanda kayaknya udah bangun. Saya juga belum masak buat makan siangnya. hahaha... 

love, 
Ibu yang sedang dan masih selalu belajar jadi ibu dan istri yang lebih baik :)


No comments: