Pages

Monday, July 30, 2012

My days lately :)

Terakhir posting blog tertanggal 30 Maret. Tepat 4 bulan lalu. Padahal 4bulan itu jadi bagian perjalanan hidup saya yang luar biasa lhoo.... Antara males – nggak sempet – sok sibuk itu beda tipis.
update singkat aja klo gitu ttg hidup saya (brb buka agenda krn lupa detail ngapain aja per bulannya)

April stories.
Sesuai namanya. Saya lair di bulan ini. So far, hari menyambut hari lahir tetap luar biasa seperti biasa. Walopun orang-orang yang ngasih surprise rodok gagal :P Bulan April ini juga saya pergi ke Bandung buat tes wawancara+TPA (yg susahnya ngalah2i spmb sy dulu). Bulan April, ketemu juga sama temen-teman SMA di berbagai kesempatan (suasana duka-acara teater-bbq an-dll).
My April so far was nice and sweet. Mulai mengurangi jadwal kegiatan volunteer dikit-dikit karena yakin bakal ninggalin Jogja lagi :)


May stories.
Bulan ini mulai deh saya rodok kebangeten maen-maennya. Ya. di bulan ini hasrat pengen maen2 dan ngabisin waktu sama temen lebih gede. Mungkin karna dag dig dug ser nunggu pengumuman ketrima atau nggak S2nya plus setelah dapet pengumumannya, jadi merasa pengen lebih banyak ngabisin waktu bareng temen2 dan pengen ngrasain hal yg beda. Benernya Mei saya sedikit kelabu di minggu2 awal, untung punya temen2 hebat yang selalu ngasih support+ngingetin kalo saya mulai sedikit ‘buta’. Karokean udah berasa jadi agenda wajib tiap minggu, mancing, jalan-jalan juga sih.
Paling saya inget, bulan Mei ini saya pertama kalinya liat bintang super banyak dan super terang di langit. Pertama kalinya juga saya liat bintang jatuh dan bintang jalan (opo jal?hahaha). Dari bintang jatuh yang super cepet sampai bintang jatuh yang buntutnya panjang dan kliatan agak lamaan (komet jatuh? entah) Sejak itu saya jadi suka banget nengok ke langit kalo malem.
*nyari2 foto bulan Mei cuma dikit. Saya baru inget kalo bulan Mei ini kamera saya rusak terlempar :|

 

June stories.
Saya kasih judul “My random June”. Seru abis dan campur aduk rasanya dan ini mungkin jadi puncak seneng2 saya selama ini. Really did lot of activities with many random people. Awal bulan saya nonton konser jazz lagi bareng papi. Trisum, Kahitna, dll. Akhirnyaaaa.... walopun nggak seheboh yang saya bayangin tapi cukup bikin hepi lah ya.  
Komunitas Jendela? Bulan Juni ini kita ngadain outbound training bareng buat volunteernya, ngadain foto-foto bareng semua volunteer yang kebetulan ada di Jogja, dan akhirnya penyerahan jabatan secara resmi dari pengurus lama ke yang baru, dan dateng ke desa wisata Candran, rencana mau buka perpustakaan di sana. Bulan Juni ini juga saya bareng 2 volunteer Jendela, citra&sza2,  ikutan acara National Future Educators Conference di Jakarta. Sampoerna School yang ngadain acara ini. Ngumpulin temen-temen dari berbagai penjuru Indonesia yang pengen dan tertarik dengan masalah pendidikan di Indonesia. Banyak yang saya dapetin di sini. Selain punya temen baru, saya jadi lebih tau dunia pendidikan di Indonesia yang sesungguhnya dan jadi dapet gambaran harus apa ke depannya.
Random people. Dari bulan Mei sih, saya mulai kenal sama orang-orang baru di luar pertemanan+kegiatan saya selama ini. Untunglah nyambung dan seru mereka. Bulan ini juga saya pertama kalinya ke Gelanggang samudra+Sea world+monas, ke Temanggung, Goa Pindul, dokter THT (yg ternyata telinga saya bersih2 aja kok), gowes JLFR (Jogja Last Friday Ride, yang ikut nauzdubillah buanyak bgt pake pol dan saya nyulik 2 anak smp –adek2 saya-  yg baru aja lulus buat ikutan ini) dan setelah sekian lama akhirnya rafting juga :D
Bulan ini juga, orang-orang di sekitar saya mulai pada menggalau ;)


 

July stories
Bulan ini super juga buat saya. Tetep random seperti biasa. Tema jalan-jalan tetep terlihat yang paling utama. Padahal esensinya bukan di saya sering jalan-jalannya, tapi sama siapa dan saya ngapain aja jalan-jalan nya itu (tetep wae sih. dolan). Mulai agak sering pulang malem lagi. Banyak yang ditutup-tutupi dan banyak yang dibuka (atau terbuka?). halah!
Bulan Ramadhan. Sama kayak nama saya (kata temen saya gitu). Buat saya sih bulan perjuangan. Buat pertama kalinya saya mulai nyoba nge-kos. Buat pertama kalinya saya ngrasa super bosen di dalem kamar kos terus2an yang hiburannya cuma 2 hape yang nggak begitu canggih. Sejak tgl 18 Juli saya udah mulai ngekos di Bandung. Dalam rangka daftar ulang mahasiswa baru dan ketemu dosen wali, saya harus stay di Bandung kurang lebih 9hari. Puasa pertama saya juga di Bandung. Beberapa hari awal karna saya beneran bosen plus rodok stres, akhirnya pergi ke Jakarta. Weekend disana cukup bikin saya bahagia dan dompet langsung seret.hahaha....
So far yang saya ‘dapet’ di awal2 ngekos, “@aprilianatr : kluar dr zona nyaman itu berat. Tp idup kudu dbuat lbh warna warni dg kluar dr zona nyaman..” Yup. saya masuk di lingkungan baru. Bener-bener baru dengan orang-orang baru yang karakternya beda-beda. Adaptasi saya lumayan cepet walopun 1-2-3 hari awal stres abis.
Saya jadi mikir, contoh kayak anak2 di Indonesia Mengajar. Jelaslah (mungkin sih) kalo yang angkatan awal-awal mungkin di cari orang yang bener2 pernah pergi ke mana-mana sering, karena jujur buat adaptasi aja pasti butuh tenaga ekstra. Apalagi kalo belum pernah ke tempatnya dan kenal siapa pun. Siapa tau pengalaman2 yang lalu sedikit banyak bisa mbantu proses adaptasinya mereka.

 

Saya pun mulai bener-bener nyaranin ke temen-temen yang jarang pergi dari zona nyaman buat berkelana-lah. Coba buat lebih sering bersentuhan sama lingkungan baru, cari temen sebanyak-banyaknya di luar lingkar setan pertemanan. Bagi yang jarang jalan-jalan ke luar daerah masing2, nabung dan jalan2 gih. Bukan karna terus nganggep “ngabis-ngabisin duit aja pergi2. mending buat masa depan”. No. bukan itu tujuannya.
Keluar dari ‘rumah’ sama dengan belajar lebih banyak lagi di luar sana. Apalagi kalo bisa pergi ke tempat2 oke yang inspiratif dan bisa bikin kita lebih termotivasi buat maju. Banyak jalan menuju Roma. Banyak ‘jalan’ biar bisa jalan-jalan. backpakeran misal. Banyak kok penginepan di luar (asean lho y) yang tarif permalam nya under 100rb. Banyak tempat gratis di luar sana yang bisa dikunjungi tapi tetep inspiratif. Dari jalan-jalan itu kita bisa lebih tau budaya orang, menghargai perbedaan orang-budaya-ras, kita bisa lebih open-minded, dsb.

Keluar dari zona nyaman emang butuh pengorbanan. Tapi kalo berhasil menaklukan, zona nyaman kita bakal semakin lebar dan luas. Lebih bisa berekspresi di mana pun dan lebih banyak ‘keluarga’.

“Move out of your comfort zone. You can only grow if you are willing to feel awkward and uncomfortable when you try something new.” - Brian Tracy-

“If you put yourself in a position where you have to stretch outside your comfort zone, then you are forced to expand your consciousness.” - Les Brown-
  

No comments: