Pages

Final Vacation 2011 : Bangkok-Phuket part.2

*Lanjutan cerita dari Bangkok-Phuket part.1

Hari ke empat
Here we go. Naek kapal – keliling pulau – SNORKLING! Pagi-pagi jam 6 kami kudu udah bangun. Minivan bakal jemput buat ke dermaga jam 7-set 8 pagi. Kapal brangkat dari dermaga ke Phi Phi Island jam 8.30 pagi (inget. mreka ontime. beneran) Nggak lupa kami sarapan roti yang di beli malam sebelumnya di 711 (iya. tiap pagi sarapannya cuma roti. hemat) Kalo misal mau makan lebih berat, di dermaga ada burger juga. Tepat pukul 8.30 kapal kami berangkat menuju ke Phi Phi Island.

finally! impian saya sejak tahun 2009 akhir.

stiker ini yang selalu ditempel di baju kita tiap ikutan TOUR.
yang stiker putih-kuning : stiker penipuan
warna merah : one day trip to phi phi island
Jangan lupa. di sana ada macem-macem tiket. Kalo cuma mau ke Phi Phi aja, nanti dikasih stiker warna biru/hijau (lupa saya). Kalo paketan yang puter-puter pulau + snorkling saya dikasih stiker warna merah. Over all this trip (phuket-phi phi) was really fun. Sekitar jam 5 sore kami udah sampe lagi di O’Malley dan langsung ambil barang-sedikit re packing dan langsung nunggu di depan hostel. Lucky us. Bus ke arah airport langsung lewat di depan O’Malley (Montri St) dan selalu riwariwi tiap 1 jam sekali. Bus paling malem sekitar pukul 6.30 pm. Jadi, kalo mau murah dr Phuket Town ke Airport ya naek airport bus. Lumayan jauh jarak phuket town ke bandara. Jadi kudu bisa estimasi waktu. Traffic nya juga lumayan padet merambat.

Sampe di Bangkok sekitar jam 12malem ke atas. Pesawat delay dan akhirnya karna udah malem+ARL udah gak ada lagi (maksimal tengah malem), akhirnya ke Khaosan Rd naek taksi dari bandara. Mahal. Tapi kalo berbanyak (4orang) y bisa di share. Taxi Meter bandara? Its all bullsh*t J Berhubung sampe Khaosan super malem (dini hari) jadi y udah sepanjang jalan rasanya lebih ngeri aja. Jedug jedug musik – orang2 pada njoget di jalan – mabok – lelaki mulai brubah jadi wanita. Bener-bener lengkap dunia malamnya Bangkok. Unlucky, malem ini kami kudu pindah sementara. G di hostel yang murah karna kata si masnya yang njaga, full. Padahal sebelum pergi k Phuket kita udah booking (belom DP siiih). Alhasil 2 malem kami nginep di Top House. Harga lebih mahal dan kudu ada deposit room yang bikin dompet g ada isi (ini duit dibalikin lagi kalo kluar dari situ).

yes. this is our room. feels like hotel room rite? ^^

Pengeluaran 3 Desember 2011
711                               : 32 B
Ticket Phi phi                : 20 B (masuk pulau gak termasuk paketan yg 800 B)
Airport bus                    : 85 B
Dinner di airport             : 140 B
taxi airport-khaosan       : 225B/org (total si supir minta 450B)
Top House                     : 265B/orang/malem
Deposit Top House        : 1000B

Hari ke lima
Minggu. Yeeah. Its shopping time. Sengaja di Phuket cuma bentar karna ngejar weekend di Bangkok. Catuchak market. Konon katanya ini market terbuka paling besar. Murah-murah. Terutama kalo kita pandai nawar. Pasti dikasih harga super. Buat saya, catucak tu surga banget. Apa aja ada. Dari makanan-baju-tas-sepatu-sandal-kertas-bunga-hewan-patung-pecah belah-buku-dll. Bener-bener one stop shopping. You can find everything here (kecuali twezleer.hahaha)

Cara ke Catucak, saya dari Khaosan jalan ke Phra Atit St. Cari halte (sejalan sama Phra Atit Pier) dan naik ke bus nomer 3. Sebenernya ada 2 jalur lagi yang bisa ke Catucak. tapi saya lupa. Tengah hari, dari catucak langsung menuju daerah Siam. Dari BTS Mo Chit ke Siam. Pusat mall di Bangkok. Ada Siam Paragon – dll. Kami sih menuju ke MBK. Makan. yup. kami cari makan dan disana ada makanan halal+murah+enak. (Food court lantai 6. makanan halal di counter C21) Kudunya sih berhenti di BTS National Stadion. Di MBK juga ada mushola (selantai sama foodcourt). Tanya aja ke information centre “where’s hong lamard”. Dari MBK, berhubung kaki udah pegel+bawaan berat, jadi kami langsung naek tuk2 ke arah Khaosan Rd (Kalo naek taksi mintanya si sopir 200B). Sampe hostel langsung tidur dan keluar lagi cuma buat cari makan malem.

Pengeluaran 4 Desember 2011
Bus Phra Atit – Catucak : Gratis (g tau knp juga kok gratis.hahaha)
BTS mo chit – Siam          : 35 B
Makan siang di MBK       : 60 B
Tuk tuk MBK – Khaosan  : 100 B (jadi 50B/orang)
Blanja di Catucak              : conditional. tergantung tiap orang :p
Makan malam –Pad Thai-: 35B
Top House                       : 265 B/orang/malem

Hari ke enam
Yak. Tepat tanggal 5 desember ulang tahun raja. Jadwal hari ini seharusnya ke Grand Palace – Wat Pho – Wat Arun – lil india – chinatown. Tapi karna ulang tahun raja, semua rencana buyar seketika. Sambil santai di lapangan Sunam Luang (sebelah utara Grand Palace), akhirnya menentukan rute baru. Kami berdua memutuskan buat wisata ke Dusit Zoo. Yups. Saya lagi keranjingan dateng ke kebun binatang. Masuknya juga gak mahal. Dusit zoo deket sama Vimanmek Mansion (cuma sebrangan doang). Andai waktu itu saya langsung bayar tanpa bicara, bisa dipastikan dapet harga wisatawan lokal. Cuma gara2 kata “sorry?” akhirnya harga jadi normal buat turis.

Jadi, dari hostel jalan menuju Grand Palace (jalan lho ya. deket) menuju ke Tha Chang Pier. Lanjut naik perahu bendera orange ke arah Tewet Pier. Dari tewet naik tuk tuk ke Dusit Zoo. Karna menurut pengalaman (hari pertama di Bangkok kan jalan dari daerah dusit ke Tewet pier) jarak g egitu jauh, jadi sempet tawar menawar lagi sama si tuk tuk. Lumayan lah dapet murah.

Karna hari ulang tahun raja sama dengan libur nasional+hari ayah, jadi Dusit Zoo nya super rame. Semua orang bener-bener manfaatin hari ini buat liburan bareng keluarga. Pas pulangnya, ada bagi-bagi air mineral gratis. Yayy J  Dari dusit, karena udah di capek+panas+malas kemana2, akhirnya langsung balik ke hostel. Naik tuk tuk Dusit-Khaosan Police St. Dengan segala cara merayu-tawar menawar akhirnya dapet. murah lah. Setelah di itung2 pun, lebih mending langsung naik tuk tuk daripada kudu ke pier dulu. hahaha.... entah ini saya kelewat tega atau piye. Pokoknya mreka maulah. irit.

Malamnya, kami keluar buat ikutan huru hara perayaan ulang tahun raja. Semua orang turun ke jalan. Ada bagi2 makan gratis. Lilin warna kuning. Ada lampion. Taman tengah jalan jadi tempat senda gurau keluarga kecil. Seru dan rame.

Pengeluaran 5 Desember 2011
Perahu Tha Chang – Tewet        : 15 B
Tuk tuk tewet-dusit zoo              : 25B/org (total 50 B)
Dusit Zoo                                   : 100 B
lunch (KFC at dusit zoo)             : 51 B
Tuk tuk Dusit – Khaosan            : 70 B
711 (mkn malem. pop mie+susu) : 55 B
roti buat sarapan besok               : 28 B
New Joe Guesthouse                  : 175B/nite/person

*bersambuuung*

Catatan :
1. Tiap pake transport kayak tuk tuk atau taksi, saya gak pernah bilang kalo tujuannya ke Khaosan Rd. Karna kalo bilang kaosan Rd, saya kudu jalan jauh untuk sampe ke hostel. Karna hostel saya ada di ujung jalan Khaosan Rd. SAya lebih suka bilang ke "Chakrabongse Street, near from Khaosan. Chanasongkram Temple. Police Station." and voila. Langsung sampe di deket jalan ke hostel.
2. Setiap dari atau ke hostel (brangkat dan pergi) selalu mampir ke 711 buat beli air mineral (jadi, jumlahkan sendiri pengeluaran sesuai yang di butuhkan)
3. Kalo ada waktu senggang (jadwal jalan2 gak padet) coba lah buat cari jalan2 alternatif buat jalan. Bisa dibilang, saya+puri udah cukup tau banyak jalan2 tikus di sekitar Khaosan Rd.
** tips and trik bakal di bahas setelah tugas biaya totalan ini rampung **

Next post : Bangkok - Phuket Part.3

Journal Kinchan said...

waaa mbak, kapan2 kita backpacking bareng yuk? indonesia aja tapiiih. kamu lagi sibuk apa?

pelangiku said...

Salam kenal. Duh...jadi kepengen balik lagi ke Thai. Dulu itu cuma 2 hari urusan seminar pula. Thanks buat ceritanya!