Pages

Sunday, December 11, 2011

Final Vacation 2011 : Bangkok-Phuket part.1

Akhirnya perjalanan akhir tahun saya sekaligus reward ke diri sendiri bisa lulus kuliah terlaksana. Tanggal 30Nov – 7Des 2011 ini saya bareng partner in crime,puri, berhasil merealisasikan jalan-jalan ala backpacker ke Bangkok-Phuket, Thailand. Harusnya ada 2 temen lagi yang gabung (note. mreka jg udah beli tiket), tapi karna satu dan lain hal, alhasil yang berhasil brangkat cuma saya dan puri.

Postingan kali ini mau bahas dulu tentang itenary nya ke Bangkok. Beberapa temen udah tanya dan pengen segera share aja keburu lupa dan nggak ada feel buat nulis masalah duit2 ;)

Tiket kami beli memang jauh2 hari sebelum keberangkatan. Faktor utama karna mumpung lagi promo. Tepatnya 26 Feb 2011 lalu kami udah beli tiket promosi AirAsia Surabaya-Bangkok PP dengan harga bertiga total 2147000 (brangkat no bagasi – pulang bagasi 20kg).

Jadi, perjalanan saya mulai dari kota Jogja dulu. Saya kudu ke Surabaya krn AA tujuan Bangkok sementara cuma ada dari Jkt (kl g salah) dan Surabaya. Nginep semalem dan besok siangnya saya udah ke Juanda. Jangan lupa, kita ada airport tax yang sedikit banyak pengaruh ke pengeluaran. Plus ini itu yang kudu dibeli sebelum brangkat kayak sunblock – tisu – obat alergi – dll (perlu diinget. berhubung judulnya backpacker dan dikeberangkatan sengaja g pake bagasi, bawa liquid secukupnya aja atw bakal disita di bandara. Max per-item 100ml) Saya waktu cek bawaan ke kabin kena stop+check petugas. Soalnya saya bawa banyak liquid. beruntung semua botol sabun-sampo-sunblock-dll gak ada yg lebih dari 100ml.

Sampai di Bangkok sekitar jam 8an malem (kalo gak salah) tapi karna kudu lewat imigrasi jadi sekitar jam 9an baru bisa kluar dari bandara Suvarnabhumi. Karna udah malem dan gak mungkin naik bis umum (faktor keamanan juga buat 2 cewek yang masih bener2 buta thailand) jadi kita milih pake Airport Rail Link (ARL) yang ada di Basment Suvarnabhumi. kita naik ARL ke arah Phaya Thai. Dari Phaya Thai, turun ke bawah dan kluar dari stasiun Phaya Thai. Cari taksi dan bilang ke tempat penginapan. Kami berdua sih ambil penginepan di daerah Khaosan Road (kawasan bule2. GANTENG2 lho. sumpah. yg cewek juga seksi2 #eh).

Perlu diinget. walopun semua taksi disini tulisannya TAXI METER tapi kenyataannya enggak. Kita tetep kudu tawar menawar (kebanyakan taksi/tuk tuk di bangkok bisa bhs inggris. Walopun cuma nyebut angka dan cuma mudeng masalah tawar menawar aja). Entah kenapa, malem itu lumayan susah buat ndapetin taksi ke arah Khaosan dengan harga super murah. Bermodal pede pengen dapetin harga serendah-rendahnya buat naik taxi, saya ajak share 2 bule cewek (South Africa+German)  yang juga kebetulan mau ke Khaosan Rd. Alhasil, jadilah bayar taxi nya di share ber 4 dengan harga supeeeer murah.

Saya+Puri nginep di New Joe Guesthouse (dapet dari hostelworld) yang menurut kita itu harga udah lumayan murah (2 single bed-private bathroom with fan). Cuma nginep semalem doang. Karna besoknya kita mau ke Phuket. Sampe guesthouse, taruk barang, dan langsung ke Khaosan Rd buat cari makan. Karna udah malem dan masih merasa asing di sana, kita pilih makanan yang normal, McD.

Bagi yang gak suka keramaian apalagi suara ajeb2 dan bir di mana-mana, hindari Khaosan Rd di malam hari. Tapi kalo mau tepe tepe dan ngamati bule ganteng dari berbagai belahan bumi, Khaosan Rd jadi pilihan dan TARGET UTAMA (hahaha) siapa tau beruntung dan bisa ngobrol ;);) It’s work lho #eh.

Pengeluaran 30 Nov 2011
      airport tax international Juanda      = IDR 150000
           ARL Suvarnabhum – Phaya Thai  = 45 B
          Taxi Phaya Thai – Khaosan Rd    = 100 B  (share ber 4, jadi 25 B/orang)
       Joe Guest House 1mlm                = 315 B (share ber 2, jadi 157.5 B/orang)
       McD [cheese burger]                   = 43 B
             711 (roti sarapan+mineral)           = 25 B
    sim card Happy DTAC           = 195 B (not recomended! cari d bandara aja dan bandingin untuk sms internationalnya)

Hari ke dua.
Hari dimana kena tipu terus di Bangkok. Dasarnya orang baru pertama kali dan nggak ada tour guide. Rencana awal mau ke museum National karna lokasi dari guesthouse deket. Berbekal peta ambil gratisan di bandara+pinjem peta temen, kami ber2 jalan kaki. Ditengah-tengah perjalanan bingung arah yang mana, datanglah seorang pria. Dengan gaya bicara yang meyakinkan+terlihat baik hati, seperti biasa dan udah diperkiran, ditawarilah tuk2 dengan harga super murah, 20B. Intinya, si pria bilang kl National Museum lagi tutup karna ada budha day (ataw semacamnya) dan ditawari ke berbagai macam kuil-kuil. Kayak sharing dr orang2 lain, sebenernya ini modus penipuan. Tp, saya+puri ttp aja mau naik tuktuk dengan pertimbangan saya 1. Saya gak tau jalan. Kalo naik tuktuk yang cuma bayar 20 B bisa keliling2 walopun ntr disuruh masuk toko perhiasan, ya gpp. Yang penting tau dulu keadaan situasi jalanan di Bangkok. 2. Saya cari tujuan yang lumayan deket (wlpn ternyata jauh) dari pier terdekat/pelabuhan perahu di Chao Praya. Siapa tau terjadi hal-hal tk terduga yang sebenrnya sudah diduga.

Pertama, kami di antar ke T.I.T buat beli tiket ke Phuket. Walopun mereka ngaku-ngaku dari goverment, padahal BUKAN. Dari pemerintah itu namanya TAT (Tourist Authority of Thailand). Dengan segala tipu daya si mbak2 india cantik yang jadi sales di TIT, kami pun akhirnya beli tiket bus buat ke Phuket dengan harga mahal dibanding rencana awal yang kalo beli tiket di Southern Terminal Bus (bis antar kota biasa). Setelah itu ke kuil-kuil yang notabene nggak ada di peta dan nggak begitu recomended. Toko perhiasan. Disana saya sih semangat-semangat aja ngliatin perhiasan. Tapi y itu, baru 5menit udah di usir dari toko. Karna tau kita ke dalem disuruh sama tuktuk. Tujuan terakhir saya minta dianter ke Wat Benchamabopitr. Ada banyak koleksi patung buda di sini. Bangunannya pun juga bagus. Dari sana kami menuju Tewet pier menuju Phra Artit Pier (Pier terdekat dari Khaosan Rd).

Wat Benchamabopitr
Karna jam 6 udah di jemput sama travel yg mau bawa kami ke Phuket, alhasil sore jam 3/4an kami udah ada di hostel. Buat  makan malam juga udah dibeli. Perlu diinget, orang Thailand kebanyakan mreka ontime kalo masalah jemput menjemput. 2x saya pake jasa jemput ke guesthouse, g ada yang telat. Perjalanan Bangkok-Phuket yang say tempuh kurang lebih 19an jam. Banyak kejadian selama perjalanan. Next time aja diceritain. Tapi untuk normalnya, sampai Bangkok-Phuket 12-14jam.

Pengeluaran 1 Desember 2011
      Bus Bangkok-Phuket      : 1100 B
      Tuktuk                           : 20 B
      Wat Benchamabopitr     : 20 B
      Chicken rice (lunch)       : 30 B
      Street Food (macem2)   : 30 B
      711 (dinner)                   : 39 B
      Boat Tewet-Phra Artit    : 15 B (orange's flag)
      Mineral water 2              : 14 B

Hari ke tiga
Setengah hari ini saya pake buat perjalanan Bangkok-Phuket penuh tipu daya tapi berkesan+penyegaran buat mata+practice english. Karna kena tipu daya travel agen dan banyak intrik, alhasil kami semua 1 bis di transit in ke sana-kemari. Saya jadi tau gimana ‘trik’ si para agent-agent travel buat minta tambahan extra money dari turis dan tau gimana kalo si bule-bule ini marah sampek triak-triak. Tapi, berkat kejadian ini saya jadi bisa ngobrol sama bule yang mirip Adam Lavine dan bisa duduk deketan sama 2bule asal Itali yang pasti ganteng :p:p

Intinya, sampe di Puket Town jam 1 siang. Untung hostel yang mau saya tuju gak jauh dari tempat si minibus nurunin penumpang. Hostel saya kali ini super gaul, termasuk si penjaga/yang punya,Steve. Nama hostel saya O’Malleys, Irish Pub yang ada di Motri Road. Saya jadi bisa langsung praktek inggris sama orang Inggris yang kita tau aksennya asik banget. Hostel nya bersih dan cute aja. Cat tembok warna warni. Judulnya aja Irish Pub, jadi kalo malem, lantai dasar dibuat pub. Tapi kalo malem di kamar saya gak kedengeran rame2nya dari lantai dasar.

bar sekaligus hostelnya dooong. gaul :p
Dari sore sampe sekitar isya’, kami jalan-jalan buat tau daerah sekitar sambil mampir ke TAT Phuket. Di sana kita ambil peta Phuket dan jadi tau banyak hal. Karna besok pagi kami pengen ke Phi Phi Island+snorkling, jadi langsung cari agent. Walopun rada trauma, tapi kami juga rada males kalo kudu pake kendaraan umum dan usaha gimana caranya bisa ke dermaga. Selain capek, juga makan waktu lama. Alhasil nemu travel agent yang ‘terlihat besar+resmi’. Lucky us. Dapet harga murah buat paketan Phi phi island+Snorkling. PLUS dijemput PP sama minivan dermaga-hostel.

Sorenya, kami keliling mall2 yang ada di Phuket Town sambil cari makan malem. Karna badan capek dan besok tenaga pasti dipake buanyak (bangun pagi-nyebrang ke Phiphi island-snorkling-nyebrang-ke bandara-Khaosan Rd), kami sepakat pulang ke hostel lebih cepat. Disamping males aja kalo pub nya udah rame plus malam hari di phuket town kurang ada yang bisa di liat. FYI, ada masjid juga di Phuket Town dan banyak yang pake krudung d sini.

Pengeluaran 2 Desember 2011
      711 (lunch+mineral water)           : 47 B
     O'Malleys                                    : 170B / nite/person
      Tour Phi Phi Island                      : 800 B [agen lain rata2 1000B]
      Sim card TRUE                          : 49 B [lumayan lbh murah sms inter nya drpd pny DTAC]
      KFC (dinner)                              : 78 B

**bersambung**

Next post :
Bangkok - Phuket Part.2
Bangkok - Phuket Part.3

Adhyanovic Hadi Pradipta said...
This comment has been removed by the author.

tunggu laporan perjalananku ya...

ho chi minh-hanoi-guangzhou-macau-HK-south korea in april 2012...tadaaaaa

@aprilianatr ---dhani---- said...

Nono: siaaaap. ditunggu laporannya :):)

Adhyanovic Hadi Pradipta said...

tunggu laporan perjalananku ya....

ho chi minh-hanoi-guilin-guangzhou-macau-hongkong-south korea...

kira2 april 2012...uyeee

Atrida Hadianti said...

Akhirnyaaaa sampai jg di Thailand ya dik... :) hihihi... aku malah belum kemana-kemana nih terjebak di Hua Hin... :(

Anonymous said...

Dhaniii... aku rencana pengen ke thai juga nii.. wahh untung baca blogmu yg super keren. kayaknya bakal byk membantu ni. ;D

Everyone loves it when individuals get together and share ideas.

Great site, continue the good work!

My webpage ... cold sore cure

Anonymous said...

Hey there would you mind letting me know which hosting company you're utilizing? I've loaded your blog
in 3 different internet browsers and I must say this blog loads a
lot quicker then most. Can you suggest a good hosting provider at a honest price?
Thanks a lot, I appreciate it!

my weblog ... how to get your girlfriend back

Anonymous said...

Fantastic goods from you, man. I've have in mind your stuff previous to and you're just too fantastic.
I actually like what you've acquired here, really like what you are stating and the way by which you assert it. You are making it enjoyable and you still care for to stay it wise. I can't
wait to learn much more from you. That is really a great web site.

my webpage asia hotels

Unknown said...

itu yang o'malleys irish pub punya web apa gak ya ? atau kontak yang bisa dihubungi ? terima kasih

Anonymous said...

Hurrah, that's what I was exploring for, what a information! present here at this web site, thanks admin of this site.

Stop by my web site; airbnb coupon code

Howdy! Quick question that's completely off topic. Do you know how to make your site mobile friendly? My web site looks weird when viewing from my apple iphone. I'm trying to find a theme or plugin that might be able to resolve
this problem. If you have any recommendations, please share.
Cheers!

Here is my site :: royalbluekennel.com